
Pada tanggal 13 Januari 2024, SDIT Ibnu Sina menyelenggarakan Observasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diikuti oleh 63 calon siswa. Kegiatan ini tidak hanya memberikan peluang kepada calon siswa untuk bergabung dengan lembaga pendidikan berkualitas, tetapi juga memberikan gambaran tentang kreativitas, semangat belajar, dan suasana kebersamaan di lingkungan sekolah.
Observasi pada pelaksanaan PPDB ini memfokuskan perhatiannya pada kemampuan dasar calon siswa, terutama dalam bidang membaca, menulis, berhitung, membaca wafa, dan tahfidz. Ini merupakan strategi yang baik untuk memastikan bahwa setiap siswa memiliki dasar pengetahuan yang kuat sebelum memasuki tingkat pendidikan selanjutnya.
Materi observasi dimulai dengan uji kemampuan membaca, yang menjadi landasan utama bagi pengembangan literasi calon siswa. Proses pembelajaran membaca di SDIT Ibnu Sina tidak hanya fokus pada kecepatan membaca, tetapi juga pemahaman bacaan. Selanjutnya, uji kemampuan menulis menunjukkan bahwa calon siswa telah dilatih untuk mengekspresikan ide dan pemikiran mereka secara tertulis dengan baik.Pentingnya kemampuan berhitung sebagai dasar untuk memahami konsep matematika juga ditekankan pada PPDB ini.
Selain itu, observasi mencatat bahwa SDIT Ibnu Sina memberikan perhatian khusus pada pembelajaran membaca wafa dan tahfidz. Hal ini mencerminkan komitmen sekolah dalam mengembangkan sisi keagamaan dan spiritual calon siswa, selaras dengan visi pendidikan Islam yang dianut oleh lembaga ini.
Agar suasana observasi lebih berkesan dan menyenangkan, sekolah juga menyelenggarakan berbagai kegiatan games menarik. Kelima pos games yang disiapkan, yaitu lompat katak, lompat karung, tiup bola, bowling, dan flying fox, berhasil menciptakan semangat kebersamaan dan antusiasme di antara calon siswa. Games-games tersebut tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga melibatkan aspek fisik, keberanian dan keterampilan.
Dengan demikian, observasi PPDB 2024 di SDIT Ibnu Sina bukan hanya sekadar seleksi calon siswa, tetapi juga menyoroti komitmen sekolah dalam mengembangkan potensi siswa secara holistik. Semangat kreativitas, semangat belajar, dan nilai-nilai kebersamaan yang terpancar dari kegiatan ini memberikan gambaran positif tentang lingkungan pendidikan di SDIT Ibnu Sina.